Metode pengambilan ukuran celana

Pengukuran celana
https://jasajahitponorogo.blogspot.com
Assalamualaikum...
Dalam kesempatan yang baik mudah mudahan kita selalu di beri kesabaran.

Disini saya berbagi sedikit pengalaman tentang mengukur celana,dan yang perlu di perhatikan dalam tahap mengukur adalah bagian tertentu dari bentuk bodi atau pinggul.Yaitu sebagai penentu untuk membuat pola besar kecilnya bentuk pola.

Maka paskanlah tempat pinggul yang besar,dan perlu di ketahui pengukuran itu banyak cara dan dasarnya,dan nggak jauh beda sama pengukuran celana panjang wanita dan anak.

Yang membedakan pengukuran celana panjang pria dan wanita adalah letak antara jarak pinggul dan pinggang karena bentuk postur bodi wanita kebanyakan lebih besar+ pinggulnya.

Untuk metode pengukuranya paskan naiknya pinggul ke pinggang,atau turunya pinggang ke pinggul.Untuk menjadikan hasil yang pas untuk membuat pola celana wanita.

Dan untuk bagian (tinggi duduk) mestak pesak atau selakangan bisa mengukurnya sambil duduk di kursi,ukur pas saja antara duduk bagian pinggang yang nyaman di pakai dan tambah 2 cm untuk hasil jadinya.

Menggukur mestak pria dan wanita adalah di mulai dari sisi urutan pengukuran letak posisi awal dari ukuran panjang.



Cara mengukur jas

Cara mengukur baju pakaian/kemeja

Membuat pola celana panjang pada kain dan memotong pola

1. Panjang celana

Untuk menentukan panjang celana perlu di perhatikan,sebelum mengukur kita harus tau tempat yang nyaman dipakai seperti contoh diatas pusar atau di bawah pusar,karena menentukan panjang celana  dan ukuran pesak/ mestak,dan ukuran lingkar pinggang,klau sudah tau yang nyaman dipakai langsung tar ik meteranya dari yang ditentukan menuju yang di inginkanya..

2.  Pinggul/body

untuk menentukan ukuran pinggul, perhatikan dan cermati antara bagian yang paling besar dalam mengukur, karena bagian itu jadi penentu ukuran pinggul, pengukuranya diukur pas mulai depan berputar mengelilingi lingkaran pinggul tambah sajab 4 jari untuk kelonggaran

3. Lingkar pinggang

Dalam mengukur lingkar pinggang di perhatikan titik yang menjadi pakem yaitu dari titik ukuran panjang celana tadi kita tarik sisi tepi meteran kita putar melingkar  diukur pas di tambah kelonggaran satu jari untuk ukuran standar.

4. Mestak/   pesak

Untuk mengukur mestak /pesak dari titik nyaman atau titik atas ukuran panjang,karena klau mengukur mestak gak tau sisi titiknya bisa jadi di pakai kurang pas dan  tidak nyaman,dari sisi tepi meteran kita tarik dari belakang sampai depan di ukur pas  di tambah tiga cm untuk ukuran standar..dan untuk menentukan rumus mestak bisa di cek  DI SINI

4. Paha

Paha diukur pas untuk ukuran standar
Di tambah 5-6cm

5. Lutut

Diukur melingkar pas di tambah 4-6cm

6.bawah pangkalan kaki

Diukur melingkar pas di tambah 12 cm.

Dan untuk menentukan metode size ukuran celana panjang pada kain formal yang terletak di ban  atau pinggang dalam celana bisa di cek ukurannya.monggo di cek metode ukuran size di nmer dalam ban pingganng sebagai sarana pengenalan dalam ukuran jahit menjahit

ukuran 30:lingkar ban 82 cm

ukuran 31:lingkar ban 84 cm

ukuran 32:lingkar ban 86 cm

ukuran 33:lingkar ban 88 cm

ukuran 34:lingkar ban 90 cm

ukuran 35:lingkar ban 92 cm

ukuran 36:lingkar ban 95 cm

ukuran 37:lingkar ban 98 cm

ukuran 38:lingkar ban 102 cm

ukuran 39:lingkar ban 104cm

ukuran 40:lingkar ban 106 cm

ukuran 41:lingkar ban 108 cm

ukuran 42:lingkar ban 110 cm

S
emua penjahit mempunyai standar ukuran dan metode sendiri dan ukuran size yang saya pakai termasuk tertera di atas dan sebagai tips untuk yang lagi tahap belajar dalam metode pengukuran cari perbandingan antara satu dengan lainya untuk menjadikan lebih mantab dan gak ragu ragu.

Dan bagi yang inggin mengetahui sedikit SIZE UKURAN CELANA JEANS bisa di cek di sini dari pengalaman permak celana jeans

Metode size ukuran S 27-28 

Panjang                         :90 cm

Lingkar ban                  :58 cm

Linggkar pinggul        :78 cm



Metode size ukuran M 28-29

Panjang                         : cm

Lingkar ban                  : cm

linggkar pinggul        : cm

Dengan sedikit ilmu pengukuran celana ini mudah mudahan saja mampu dan bermanfaat untuk sesamanya
Wa salam. ..go.. spirit

Subscribe to receive free email updates: