Satu stikan menjahit langsung jadi | Membuat belahan lengan kemeja (MANSET)

Satu stikan menjahit langsung jadi |Membuat belahan lengan kemeja (MANSET)

Salam sehat sejahtera semuanya,dengan berbagi sedikit pengalaman jahit-menjahit ini mudah mudahan bermanfaat untuk sesamanya.

Sebelumnya mohon di maafkan atas salah dan khilaf.Dalam postingan ini dari segi judul maupun isi.Tapi dalam judul artikel dan isi artikel memang benar apa adanya yang saya kerjakan dalam membuat belahan lengan kemeja pria (Manset baju).

Dari pengalaman teman seprofesi menjahit dan dari tempat kerja menjahit (tailor dan butik) alkhamdulillah sekarng sudah di berikan kemampuan dalam USAHA menjahit sendiri.

Jadi bagi teman dan sobatku semuanya,baik yang masih belajar maupun sudah mempunyai skil lebih,mudah mudahan saja ini jadi tempat ajang silaturahmi yang baik dan bermanfaat.

Apa bisa menjahit belahan lengan panjang kemeja pria dengan satu stikan jahit?..yang pasti sangat bisa dan mudah.(melatih teknik skil menjahit dari diri sendiri)

Keuntungan satu stikan membuat belahan lengan kemeja ( manset)

~Bisa di gunakan untuk jenis kain yang tipis (kain sutra) lebih praktis dan tidak beresiko bila
ada kesalahan dalam membuat manset.Bila membuat manset jenis kain tipis (sutra) di jahit bolak balik kurang praktis.

~Bila dalam pembuatan lengan kepanjangan atau kebesaran manset lebih mudah di dedel untuk (penyempurnaan)

~Hasil manset lebih maksimal rapi dan baik karena setiap pembuatanya melalui proses dengan gosokan.

Persiapan alat dan proses membuat (manset)

1.Lembaran kain dengan ukuran untuk manset bagian luar dengan panjang 15 cm lebar 8 cm.

Untuk bagian dalam manset panjang 10 cm
lebar 2,5 cm.Lembaran kain gosok dan lapisi dengan tangering maupun trikot apa bila jenis kainya tipis atau lentur.Dan pada gambar di bawah kain ber jenis katun motif batik.



2.Gosok lembaran kain yang sudah di lapisi tangering lipat antara  sisi tepi sebelah kiri dan kanan.Untuk membentuk
satu lipatan pertama.Belahan manset lengan kiri dan kanan dengan ukuran=

Ujung atas manset lebih besar 2,5 cm -3 cm
Ujung bawah manset lebih kecil 2 cm -2,5 cm




3.Lipatan lembaran kain pertama di jadikan awal ukuran manset,dan lipatan yang kedua di jadikan  gambar manset berbentuk sama.Antara lengan kiri dan kanan



4.Garis tengah sebagai tanda titik sudut belahan atas dan bawah,ukuran bawah 10 cm yang atas 5 cm,bagian garis tengah atas di belah sampai garis tengah naik 1,5 cm



5.Pada bagian luar tampak pemotonganya seperti pada kantong atau saku lancip pas tengah,dan di lipat kedalam pada titik garis


6.Gosokan lembaran kain manset bagian lengan kiri dan kanan sudah jadi dalam pembentukan,tinggal proses menggosok ujung atas di buat bentuk menyudut lancip dari garis tengah ke atas 4 cm.

Dan bagian garis tengah turun di potong dan di lipat dengan gosokan lebih 2 mm untuk stikan langsung waktu pemasangan manset.



7.Manset bagian yang kiri sudah sempurna tinggal yang kanan mengikuti cara melipat nya.

Dan untuk manset bagian dalam yang kecil pembuatan nya sama tapi berbeda ukuran.Manset kecil hasil jadi dengan ukuran 1 cm kurang.

Garis merah sebagai tanda pemotongan jarak lipatan manset bagian dalam.Lipatan tumpuk dua kali dengan di gosok.



8.Hasil dari lipatan kain untuk membuat manset sudah selesei.Dengan teknik menjadikan lembaran kain bentuk manset (alat bantu penggosokan) adalah sarana belajar untuk Memaksimalkan praktek menjahit.Dan untuk berbagai macam metode penggosokan membuat manset bisa di lihat pada video ini=


Catatan jasa tukang jahit~Hal yang bisa membuat karya seni jahit menjahit bisa berbuah keistimewaan adalah memiliki JIWA DAN RASA yang bahagia dalam berkarya.




Proses pemasangan manset lengan panjang baju kemeja pria satu stikan jahit langsung jadi

~Pola lengan batik kemeja atau baju dengan belahan sisi kiri atau kanan.Ukuran belahan untuk pemasangan manset 9-10 cm



~Dalam pembuatan belahan pola lengan yaitu dari besarnya pergelangan tangan .
Cara mengukur pergelangan tangan untuk manset (kopel) di ukur pas di tambah 7-8 cm ukuran standar.

~Untuk memotong belahan lengan panjang di ukur dari depan pola lengan dengan ukuran besarnya pergelangan tangan di kurangi 1,5 cm.Dan di tambah 5-6 cm untuk lipatan floi atau kupnat dari potongan belahan.

~Pemasangan manset di mulai manset kecil dari ukuran tambahn 5-6 cm,bagian manset kecil yang lipatan lebih di taruh di bawah dan jahitan satu stikan langsung jadi.


~Satu stikan jahit manset kecil terpasang di belahan lengan kemudian di pasang manset besar di bagian sebelahnya.

~Di jahit dari tengah lipatan kecil dan besar mengelilingi bagian sudut atas kembali berputar sampai bawah tempat kopel.


~Membuat belahan manset model satu stikan jahit bisa juga di pakai untuk bagian kancing depan gamis,kaos,yang simpel dan rapi,dan hasil jahitan bagian dalam manset berkesan elegan rapi.




~Untuk penyempurnaan Pemasangan manset besar dan kecil di lanjut dengan menentukan lipatan (floi) dari jarak tepi manset besar keluar 5 cm.

~Lipatan floi pertama ukuran 2,5-3 cm
Dan jarak lipatan pertama kelipatan floi kedua 1,5-2,5 cm.Ukuran lipatan floi manset ke dua 3 cm.Untuk jatuhnya lipatan cloi satu dan dua ke arah manset .



~Dari manset dan lipatan floi menentukan besar pergelangan tangan (kopel)
Ukuran pas dari besarnya kopel yang jadi dan di gabungkan dari tepi potongan.Kopel tinggal di stik satu jahitan langsung sukses.


~Hasil sukses dan maksimal dari satu stikan menjahit dari gambar pola potongan lengan panjang pria motif batik belahan manset dan pergelangan tangan (kopel)


Dari segi teori dan teknik pembuatan manset banyak sekali ragam dan cara,Dan saya sebagai tukang jahit hanya mampu sedikit  menguraikan berbagi pengalaman,Mudah-mudahan berguna dan bisa di coba.
Salam ...go...spirit...




Subscribe to receive free email updates: