Tata cara dan urutan untuk pengambilan ukuran jas pria

  Mengukur jas-Dalam belajar menjahit banyak sekali cara yang bisa kita pelajari,beragam metode pengukuran jas pria wanita dan (almamater) mulai dari yang mudah dan yang paling rumit ter utama bagi pemula.Mudah kan lah belajar dengan kemampuan diri sendiri untuk segi memahami ukuran.

Sesuaikan kebijaksanaan untuk melatih skil dan jangan memaksakan sesuatu hal yang belum menjadi ke ahlianya,memulai mengambil dari yang paling ringan dan mudah.

Untuk membina ketrampilan belajar awal mengukur jas dengan mengupayakan eksta sabar di siplin ulet tidak gampang putus asa,karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang mampu untuk menolong se samanya dengan dasar yang baik.

Sesuai dalam postingan ini mari belajar ber sama-sama dalam tata cara dan urutan seni ketrampilan menjahit dalam tahap pengukuran jas pria.Dan bisa di terapkan untuk pengukuran jas wanita(almamater seragam)



Catatan jasa tukang jahit Dasar pengukuran jas resmi pria dan wanita (jas almamter)adalah sama mempunyai kesamaan dalam tahap pengambilan standar mengukur.Dan hal perbedaan yang perlu di ketahui dalam mengukur jas

~Yang membedakan pengukuran jas wanita adalah =Untuk pengukuran jas wanita harus pas di setiap titik bagian bagian yang kecil dan besar pada setiap lekukan badan,Untuk menjadikan pola jas pas badan dan berbodi pada (tubuh).

~Sedangkan mengukur jas pria lebih dominan melihat pada postur tubuh (gemuk,sedang dan kurus) untuk di jadikan standar dalam pengukuran.

~Jas almamater-hal yang perlu di terapkan dalam pengukuran jas almamater adalah memberikan lebih ruang kelonggaran terutama bagian pundak.Sedangkan ukuran yang lainya ruang kelonggaran pada pembuatan pola jas dari(besar badan,panjang,dan lainya).Karena pemakai seragam jas almamter untuk sekolah dari segi perkembangan postur lebih cepat tinggi dan besar(perlu di cermati)

Baca:Ukuran standart dan tahap mengukur            baju / kemeja pria

         :Metode pengambilan ukuran celana

1.Panjang jas

Sesuai kebutuhan ukuran standar di ukur dari atas ujung punggung sampai batas ruas bawah ibu jari.Ukuran standar tambah 3-4 cm  dan cermati postur badan posisi yang pas (tegak) dalam pengukuran panjang jas.


2.Lebar bahu(pundak)

Maksimalkan dan pas kan dari sisi tepi bahu sebelah kiri sampai tepi sebelah kanan.Dalam pengukuran pundak bagian bahu di teliti,ada yang rata juga ada yang miring.Karena menentukan baik dalam pembuatan pola jas.

3.Panjang lengan jas

Usahakan dari sisi tepi bahu kanan atau kiri kebawah sampai ruas ugel ugel ukuran slimfit.Dan dari pergelangan tangan tambah 3 cm panjang untuk ukuran standar jas.

Nb:Dalam mengukur panjang lengan jas~awal mengukur lebar bahu bagian tepi sisi kiri atau kanan jangan di lepas titik tepi bahu untuk menentukan panjang lengan jas.

4.Pergelangan tangan (ugel ugel)

Dikur pas melingkar ugel ugel tambah 10 cm untuk kelonggaran ukuran standar.

5.Sikut (siku)

Ukur pas keliling lingkar sikut atau lingkar lengan tambah 8 cm untuk kelonggaran ukuran standar.

6.Rendah bahu (pundak)

Cermati dan teliti untuk ruas tulang leher kebawah sampai garis lurus tepi bahu atau sisi pundak sebelah kanan dan kiri.

7.Rendah (punggung jas)

Diukur dari ruas tulang leher kebawah sampai tepi antara ketiak kanan dan kiri.

8.Ukuran tengah badan

Di ukur dari ruas tulang leher kebawah sampai pinggang.untuk standar bisa di ambil 38 cm dan 40 cm .gunakanlah insting untuk prakteknya.

9.Lingkaran ( badan atas jas)

Mengukur badan atas jas~ukur pas keliling lingkaran badan atas dari sisi bawah ketiak tambah 3 cm.Ukuran pas adalah untuk memudahkan dalam bentuk pola badan  jas baik dari segi model pres~slim fit~sedang dan longgar.

10.Lingkaran (perut)

Tentukan bagian perut yang paling besar untuk (buncit) sedangkan ukuran perut standar di ambil bagian yang rata.
Tambah 3 cm pengukuran standar.

11.Lingkaran (pinggang dan pinggul)

Untuk menentukan ukuran pinggang dan pinggul biar pas lihat dari celana yang di pakai,ukur pas keliling tambah 3 cm.

12.Lingkar (leher kerah gulu)

Ukur pas keliling lingkar leher bagian lekuk bawah tenggorakan masukan  satu jari untuk kelonggaran.

Hal rompi~cara mengukur rompi 

1.panjang rompi=dari punggung depan kebawah sampai batas pinggang atau sabuk turun 12 cm


2.lebar punggung=dari bahu sebelah kiri dan kanan di kurangi 2cm

3.tanpa memerlukan ukuran panjang dan lingkar lengan

4.lebar bahu=menurut keinginan atau permintaan

Pada waktu mengukur Jas perhatikan lah bentuk bahu,punggung,badan, pinggang dan pinggulnya bisa di simpulkan dalam praktek nya kita akan di hadap kan bermacam- macam bentuk dan bodi.
Selamat mencoba ..mudah-mudahan ber manfaat amin...

Subscribe to receive free email updates: